Notification

×

IKLAN

IKLAN

Tag Terpopuler

Aksi Kemanusiaan PMI Kabupaten Bekasi Sepanjang Februari 2023

Selasa, 21 Februari 2023 | Februari 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-22T03:11:23Z


SOSIAL : Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi melaksanakan beberapa kegiatan kemanusiaan yang dilakukan sepanjang Februari 2023.


CIBITUNG, medialintaspublik.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi melaksanakan beberapa kegiatan kemanusiaan yang dilakukan sepanjang Februari 2023. PMI secara langsung turun dan memberikan kontribusi dalam aksi kemanusiaan baik di Kabupaten Bekasi maupun sebagai relawan di daerah lain.

Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Bekasi, Akhmad Kosasih mengatakan, PMI Kabupaten Bekasi telah terlibat langsung dalam empat kegiatan aksi kemanusiaan sepanjang Februari 2023. Di antaranya, mendistribusikan bantuan berkolaborasi dengan Apindo Kabupaten Bekasi ke masyarakat Cianjur, distribusi bantuan logistik kepada korban kebakaran di Desa Cicau, distribusi bantuan logistik kepada korban puting beliung di Kecamatan Tambun Utara dan melaksanakan pelayanan cek kesehatan bagi murid dan guru di Kecamatan Cibarusah.

Bantuan logistik dari PMI Kabupaten Bekasi berkolaborasi dengan Apindo Kabupaten Bekasi diterima langsung Ketua PMI Kabupaten Cianjur. Dalam kesempatan tersebut, pendistribusian bantuan disaksikan langsung Pengurus PMI Kabupaten Bekasi dan Pengurus Apindo serta perwakilan donatur dari beberapa perusahaan ke lokasi pengungsian dan sekolah darurat di Cianjur.

“Adapun Bantuan yang diberikan untuk masyarakat Cianjur yang terdampak gempa berupa Mesin Pompa sebanyak 10 unit, Kompor Gas dua tungku sebanyak 20 unit, Regulator sebanyak 20 unit, Tabung Gas 3 kg sebanyak 20 unit, School Kit sebanyak 300 Paket, Mie Instan sebanyak 384 Pcs, Popok Bayi sebanyak 600 Pcs, Beras sebanyak 50 Kg, Susu Bayi sebanyak 64 dus, Minyak Goreng sebanyak 16 Liter, Gula Pasir sebanyak 8 Kg,” papar Kosasih.

Di Kabupaten Bekasi sendiri, musibah kebakaran di Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat melahap sebanyak lima rumah warga. Merespon kejadian tersebut PMI Kabupaten Bekasi mengirimkan personel untuk melakukan tindakan assessment, dengan data yang didapatkan dan diketahui akibat kebakaran tersebut sebanyak 5 Kepala Keluarga menjadi korban kebakaran yang diakibatkan adanya percikan api dari konsleting arus listrik.

“Berdasarkan kebutuhan dari lokasi kejadian, PMI Kabupaten Bekasi mengirimkan logistik berupa Family kit sebanyak 5 paket, Kitchen kit sebanyak 5 paket, Mie instan sebanyak 5 dus, Beras 15 kg untuk 5 KK, Air Mineral 25 liter untuk 5 KK, Minyak Goreng 10 liter untuk 5 KK dan Biskuit 20 pak untuk 5 KK,” jelas Kosasih.

Setelah itu, buruknya cuaca dalam beberapa hari terakhir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi mengakibatkan salah satu rumah milik warga di Desa Karang Satria, Kecamatan Tambun Utara rusak akibat terjangan angin kencang dan pohon tumbang.

Merespon kejadian tersebut, PMI Kabupaten Bekasi melalui Kepala Markas PMI Kabupaten Bekasi, Meyliany secara langsung mendistribusikan bantuan perlengkapan logistik kepada korban yang rumahnya rusak akibat angin kencang.

“Informasi bermula dari laporan warga yang melaporkan adanya angin kencang dan pohon tumbang pada Kamis (09/02) yang berlokasi di Perumahan Alamanda Regency Blok N8/16, Jl. Nirwana 2 RT 003/RW 027. Lalu dengan sigap kita distribusikan bantuan logistik, diantaranya satu dus mie instan, 1 buah terpal, 10 kg beras, 3 tiker, 1 paket family kit, dan 1 paket Kitchenware untuk membantu sementara korban yang tertimpa musibah,” tambahnya.

Lebih lanjut, PMI Kabupaten Bekasi juga melaksanakan Pelayanan Cek Kesehatan yang berlokasi di SMPN 3 Cibarusah, Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah. Cek kesehatan tersebut juga berbarengan dengan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Guru, Kecamatan Cibarusah – Bojongmangu dengan peserta diantaranya guru-guru se-Cibarusah dan Bojongmangu.

“PMI Kabupaten Bekasi berhasil melakukan pengecekan kesehatan kepada guru-guru dari Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu sebanyak 97 orang. Semoga kegiatan ini bisa membawa manfaat dan upaya kita dalam menjaga keselamatan dan kesehatan khususnya bagi para guru yang memiliki peran dalam mencerdaskan kehidupan putra-putri penerus bangsa,” ujarnya. (M.M)

×
Berita Terbaru Update